Nasi Tumpeng, Kini Telah Menjadi Ikon Kuliner Indonesia - ahorahollywood

Senin, 10 Juni 2019

Nasi Tumpeng, Kini Telah Menjadi Ikon Kuliner Indonesia

Bicara masalah kuliner Indonesia, siapa yang tak kenal dengan nasi tumpeng. Meskipun termasuk salah satu menu tradisional namun bisa diyakini generasi muda atau milenial saat ini tidak akan asing dengan menu yang satu ini. Itulah salah satu kelebihan yang dimiliki nasi tumpeng, tak lekang oleh zaman.

Secara umum, orang akan mengenal atau mempunyai bayangan nasi tumpeng itu sebagai nasi yang berbentuk kerucut atau menyerupai gunung. Pada umumnya nasi tumpeng terbuat dari nasi kuning, walaupun bisa juga memakai nasi putih biasa atau nasi uduk. Tumpeng nasi diletakkan di tengah nampan beralaskan daun pisang, kemudian dilengkapi berbagai lauk-pauk dan sayuran disusun secara menarik di sekelilingnya.

Bagaimana nasi tumpeng zaman sekarang?

Tak bisa dipungkiri, seiring berjalannya waktu, sajian nasi tumpeng saat ini sudah banyak mengalami pergeseran nilai. Pada asalnya nasi tumpeng sarat akan makna pada setiap unsur yang membentuknya seperti jenis dan macam sayur-mayur dan lauk-pauknya. Nilai-nilai itu kini mulai ditinggalkan, sehingga nasi tumpeng kondisi saat ini dibuat lebih estetik dan sudah memperhatikan nilai gizinya dengan menambah berbagai lauk-pauk dan sayuran yang lebih bervariasi.

Oleh karenanya nasi tumpeng sebagai salah satu menu klasik justru semakin menarik, bukannya makin ditinggalkan masyarakat namun malah banyak diburu. Dalam berbagai kesempatan, masyarakat telah menjadikan nasi tumpeng sebagai sajian menu utama baik untuk acara kantor maupun pribadi, misalnya saja acara syukuran, perayaan kelulusan sekolah, ulang tahun, syukuran kantor dan sebagainya.

Agaknya minat yang tinggi dari masyarakat akan kebutuhan nasi tumpeng ini telah direspon oleh jasa catering penyedia nasi tumpeng di berbagai tempat. Jadi jika Anda memerlukan nasi tumpeng tidak perlu repot-repot menyajikannya, Anda cukup pesan ke jasa catering yang Anda percaya. Bagi Anda yang tinggal di wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya, Anda bisa pesan nasi tumpeng di Gatot Subroto. Dengan pelayanan yang prima siap melayani Anda.

Semakin populernya nasi tumpeng di tengah masyarakat, tidak heran jika nasi tumpeng kini telah menjadi salah satu ikon kulinernya Indonesia. Ini beberapa fakta yang mendukungnya :

1. Memiliki bentuk yang unik

Bentuk yang unik dari nasi tumpeng menjadi ciri khas yang tidak dimiliki oleh beragam kuliner Indonesia lainnya. Oleh karenanya hal ini menjadi nilai lebih yang dimiliki nasi tumpeng. Bentuk yang menarik serta unik inilah membuat nasi tumpeng menjadi hidangan yang mempunyai nilai tersendiri.

2. Memiliki historis panjang

Jauh sebelum Indonesia merdeka, jenis hidangan ini sudah dikenal dengan berbagai pemaknaannya, berlanjut hingga saat sekarang ini. Jadi jangan heran jika pada setiap perayaan HUT Kemerdekaan RI dari tahun ke tahun yang diselenggarakan di Istana Negara, nasi tumpeng hampir tidak pernah ketinggalan disajikan.

3. Mencerminkan nilai-nilai Indonesia

Nasi tumpeng bisa dikatakan sudah mencerminkan secara keseluruhan nilai-nilai yang dimiliki Indonesia. Hal itu terlihat dari bentuk serta beragamnya bahan makanan yang banyak terdapat di dalamnya.

Setiap makanan yang ada di dalam nasi tumpeng membawakan nilai budaya yang ada di Indonesia. Sebut saja, misalnya pepes, kental dengan makanan khas Jawa Barat, sate ayam sangat mendominasi wilayah Jawa Timur khususnya daerah Madura, rendang mewakili daerah Sumatera Barat, sayuran berupa urap identik dengan Jawa Tengah dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Mengandung makna religius 

Bentuk kerucut pada nasi tumpeng mengandung makna perwujudan rasa syukur terhadap Sang Pencipta atas segala karuniaNya. Oleh karenanya wajar jika nasi tumpeng identik dengan perayaan syukuran, misalnya menempati rumah baru, ulang tahun atau yang lainnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar