Ini Sikap Bijak Mencegah Ganasnya Serangan Rayap - ahorahollywood

Kamis, 18 Juli 2019

Ini Sikap Bijak Mencegah Ganasnya Serangan Rayap


Rayap adalah hama yang ganas. Rayap disebut sebagai ‘silent destroyer’. Itulah gambaran banyak orang menilai betapa besarnya efek yang ditimbulkan oleh serangan hama serangga yang satu ini. Bukan tanpa alasan orang menyebut demikian, karena serangga ini bisa secara diam-diam, tidak kasat mata mampu menghancurkan segala barang atau perabotan yang mengandung unsur kayu.

Kalau kita melihat tipikal rayap tersebut, tentu kita perlu waspada karena begitu banyak barang-barang dalam rumah yang terbuat dari kayu seperti perabotan rumah atau segala jenis furnitur bahkan bagian bangunan rumah itu sendiri. Seringkali kita terlambat menyadari adanya serangan rayap, tahu-tahu barang-barang dalam rumah sudah dalam kondisi hancur. Nasi telah menjadi bubur, dan barang-barang tersebut pun tidak dapat digunakan lagi.

Bagaimana jika serangan rayap ini benar-benar terjadi pada rumah kita, kerugian yang sangat besar tentu menjadi risikonya. Tidak salah jika rayap menjadi salah satu musuh utama dalam rumah kita. Oleh karenanya keberadaan serangga ini menjadi momok bagi setiap keluarga rumah tangga.

Habitat atau ruang hidup serangga dari jenis rayap ini cukup luas, hampir di sebagian besar belahan dunia bisa dijumpai. Tidak terkecuali di negara kita, di seluruh daerah di Indonesia termasuk lingkungan yang mendukung bagi berkembangnya rayap. Oleh karenanya rumah kita semua juga mempunyai risiko yang besar mendapat serangan serangga ini.

Apa yang bisa kita lakukan? Kalau sudah demikian takdirnya, tentu hanyalah sikap bijak yang kita perlukan untuk menyikapi kondisi ini. Berikut beberapa hal sebagai bentuk sikap bijak kita mencegah terjadinya serangan hama rayap :

1. Memahami bahwa rayap berkembang subur di sekitar kita.

Untuk bertahan hidup, rayap membutuhkan kondisi lingkungan dengan kelembaban yang tinggi. Oleh karenanya negara kita dengan kondisi iklim tropis, sangat mendukung bagi kehidupan serangga yang satu ini. Dengan mengetahui informasi ini sudah seyogyanya kita selalu waspada, ternyata tidak ada tempat yang aman dari rayap, tentu termasuk tempat tinggal kita.

2. Memahami serangan rayap bisa sangat ganas

Hal ini didukung oleh beberapa fakta, yaitu :
  • Di dalam sebuh koloni, jumlah anggota rayap dapat mencapai 10 juta rayap.
  • Ratu rayap dalam sehari mampu menghasilkan tiga puluh ribu telur dan akan bertelur  setiap 15 detik dan tidak pernah berhenti bertelur sepanjang hidupnya.
  • Rayap tidak pernah istirahat sepanjang hidupnya, untuk golongan pekerja rata-rata memiliki jangka hidup selama dua tahun dan bekerja tanpa henti.

3. Memahami apa yang menjadi kesukaan rayap.

Rayap sangat menyukai tempat yang gelap atau minim sinar matahari dan lembab namun tetap memiliki suhu yang hangat, karena serangga ini tidak tahan dengan cahaya. Oleh sebab itu tidak heran jika rayap kerap tinggal di dalam bangunan yang tertutup khususnya yang terbuat dari kayu.

Bagaimana menyikapi hal ini? Mengupayakan ada sinar yang masuk dalam rumah dengan membuat banyak ventilasi pada bangunan rumah bisa menjadi langkah yang baik. Kemudian memilih bahan non-kayu untuk bangunan dan perabotan juga bisa dilakukan. Toh sekarang sudah banyak tersedia bahan rangka bangunan dari baja ringan dan perabotan dari aluminium, besi atau kaca dan lainnya.

4. Menyadari banyak bagian rumah dan isinya terbuat dari kayu.

Tentu banyak sekali, hampir mayoritas barang yang terbuat dari kayu ada di dalam rumah, dari perabotan rumah sampai bahan bangunan rumah itu sendiri. Itu semua menjadi kesukaan rayap, dengan demikian tidak salah jika rayap menjadi ancaman besar yang bisa menyerang rumah dan seisinya. Oleh karenanya hama rayap ini tidak bisa disepelekan, perlu penanganan yang serius kalau kita tidak mau menanggung kerugian yang besar.

5. Memahami cara pencegahan dari serangan rayap

Perlu kita sadari bersama, bahwa upaya pencegahan terhadap serangan rayap bukanlah perkara yang mudah. Namun dengan mengetahui perilaku atau kebiasaan rayap seperti sebagian sudah disebut di atas, paling tidak bisa lebih memudahkan Anda untuk memikirkan cara yang tepat untuk melindungi rumah Anda dari serangan rayap.

Beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk pencegahan dari serangan rayap, antara lain sebagai berikut :

Membangun rumah jangan irit ventilasi

Ini sebagai upaya agar sinar matahari dapat masuk ke tiap sudut rumah. Rayap cenderung tidak menyukai tempat yang terang dan banyak cahaya. Dengan cara demikian dharapkan serangan hama rayap dapat diminimalisir.

Membersihkan pekarangan dari genangan air

Banyaknya genangan air di pekarangan rumah menyebabkan lingkungan jadi lembab. Ini akan menjadi tempat yang baik bagi rayap untuk berkembang biak. Oleh karenanya membersihkan halaman, selokan dan tempat lain yang air bisa menggenang wajib dilakukan terutama ketika musim penghujan. Membersihkan selokan secara rutin, selain sebagai cara membasmi rayap, juga dapat membasmi nyamuk.

Memperbaiki keramik atau pipa yang rusak 

Nampaknya sepele, namun keramik yang pecah atau pipa yang bocor dapat menyebabkan uap air lebih mudah masuk ke dalam rumah, sehingga kondisi rumah menjadi lembab. Maka tidak heran jika hal ini bisa mengundang rayap masuk ke dalam rumah. Oleh karena itu, jangan meremehkan kerusakan kecil ini, lebih baik segera perbaiki.

Menutup retakan dinding rumah 

Retakan pada dinding sekalipun kecil bisa menjadi jalan bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah. Jika rayap sudah masuk ke dalam rumah dan sudah membentuk koloni, kita bisa kewalahan membasminya. Oleh karena itu memeriksa secara berkala kondisi rumah perlu dilakukan dan segera tutup jika ada yang retak.

Menghindari kontak langsung dinding kayu dengan tanah

Untuk bangunan rumah yang mengandung material kayu, jangan lupa perhatikan jarak antara material kayu dengan tanah. Ini penting dan sebagai cara yang efektif untuk mencegah rayap tanah masuk ke dalam bangunan.

Sering menjemur perabotan/furnitur yang terbuat dari kayu

Perabotan yang terbuat dari kayu wajib dijemur secara rutin di bawah sinar matahari, ini sebagai upaya agar perabotan tidak lembab dan disukai rayap.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu kita pahami sebagian kecil dari seluk beluk rayap.  Diharapkan info tersebut bermanfaat dan bisa memberi pemahaman bagi Anda dalam upaya pencegahan serangan rayap. Untuk cara membasmi rayap, bisa dilakukan secara alami atau menggunakan bahan kimia. Bagaimana caranya, Anda bisa menemukan berbagai info penting soal rayap dan berbagai permasalahan lainnya di Cleanipedia dengan alamat website : https://www.cleanipedia.com.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar