Essential Oils, Alternatif Mengatasi Flu pada Anak Tanpa Obat - ahorahollywood

Jumat, 06 September 2019

Essential Oils, Alternatif Mengatasi Flu pada Anak Tanpa Obat



Cuaca yang tidak menentu ketika memasuki pancaroba dari musim kemarau memasuki musim penghujan seperti saat ini, bisa membuat tubuh menjadi tidak fit. Saat dalam kondisi ini, salah satu penyakit yang kerap datang ialah influensa. Influensa atau yang lebih dikenal dengan sebutan flu adalah infeksi virus yang terjadi pada alat pernafasan seperti hidung, tenggorokan, dan paru-paru.

Penyakit flu dapat dengan mudah menular dan menyebar dari satu orang ke orang lain melalui berbagai cara, seperti berbagi minuman, berbagi alat makan, kontak langsung, juga lewat batuk dan bersin penderita. Kondisi anak-anak yang lebih rentan terhadap serangan penyakit tentu lebih mudah terjangkit penyakit satu ini. Flu sudah menjadi penyakit yang lazim dialami oleh anak-anak.

Menggunakan obat memang bisa mengatasi flu secara cepat, namun sebagian orang masih ada kekhawatiran akan efek samping dari obat tersebut yang tentu tak baik bagi tubuh. Meskipun tergolong penyakit ringan, Anda tetap harus berhati-hati karena flu mudah sekali menjangkiti siapa saja. Gejala yang biasanya timbul dari penyakit ini diantaranya adalah badan menggigil, demam, nyeri tenggorokkan, nyeri otot, sakit kepala, dan mata berair. 


Lalu, bagaimana mengatasi flu pada anak tanpa obat?


Anda tak perlu khawatir yang berlebih, karena flu sebetulnya bisa sembuh dengan sendirinya ketika daya tahan tubuh membaik. Oleh karenanya, jika anak Anda atau anggota keluarga terserang flu, tidak perlu terlalu cepat memutuskan ke dokter. Ada banyak jenis virus flu yang bisa melemahkan pertahanan tubuh anak Anda, mulai dari hidung tersumbat, batuk, radang tenggorokan, dan sebagainya. Mengatasi flu tanpa obat bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

1. Banyak minum air putih

Sejak dahulu orang tahu jika air putih memang mempunyai banyak manfaat, diantaranya dapat membantu mengobati penyakit flu atau pilek. Minum air putih bisa membuat tenggorokan bersih dari kuman penyebab flu. Usahakan minum air putih minimal 8 gelasm setiap harinya.

2. Minum minuman hangat

Dengan minum minuman yang hangat-hangat misalnya, air puith hangat, air teh hangat, atau air jeruk hangat, maka dapat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang terganggu. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

3. Beristirahat yang cukup 

 
Kondisi tubuh yang lelah akan menyebabkan kekebalan tubuh melemah sehingga flu mudah menyerang. Istirahat yang cukup akan membantu tubuh memfokuskan energi agar kembali pulih. Bila anak sudah bersekolah, minta izin pada gurunya supaya anak bisa beristirahat di rumah. Sangat disarankan untuk melakukan istirahat total untuk sementara waktu, agar sistem kekebalan tubuh kembali normal.

4. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran

Saat flu, kondisi tubuh melemah, otomatis sistem kekebalan tubuh juga melemah. Kandungan vitamin dan gizi yang banyak terdapat pada buah dan sayur akan mengembalikan daya tahan tubuh menjadi normal.

5. Berkumur air hangat dicampur garam 

 
Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang, Tujuannya adalah untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Sedangkan berkumur dengan air hangat yang mengandung garam akan dapat meredakan radang tenggorokan dan membantu mengeluarkan dahak.

6. Gunakan essential oil

Manfaat essential oil salah satunya adalah bisa untuk mengobati pilek dan flu. Anda bisa menjadikan Bonnels Essential Oils varian Cough And Flu untuk meredakan gejala batuk dan flu, seperti hidung tersumbat, susah bernafas, pilek, batuk, dan sejenisnya. Bisa juga digunakan sebagai pelega pernapasan dan gejala alergi. Cukup tuangkan 150ml air ke dalam diffuser Anda, lalu Teteskan 3-5 tetes Cough and Flu Essential Oils ke dalam diffuser, Anda dan keluarga sudah bisa merasakan manfaatnya. 




Nah, jadi jika anak-anak Anda terserang flu tak perlu buru-buru ke dokter, tak perlu terlalu cepat juga memberikan obat-obatan. Cukup atasi dulu dengan cara alami tersebut. Untuk mencegah terjadinya flu, jagalah selalu kebersihan dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mengkonsumsi makanan bergizi, dan cukup asupan cairan. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar