Ketahui, Ini 5 Tujuan Pemanasan Sesaat Sebelum Kita Olahraga yang Tak Disadari Banyak Orang - ahorahollywood

Selasa, 06 April 2021

Ketahui, Ini 5 Tujuan Pemanasan Sesaat Sebelum Kita Olahraga yang Tak Disadari Banyak Orang


 



Serunya permainan dalam sebuah pertandingan olahraga tidak tersaji begitu saja. Namun, semua itu perlu proses persiapan baik yang menyangkut sarana dan prasarana pertandingan maupun kesiapan dari sisi pemainnya sendiri sebagai subyek pertandingan. Bagi seorang pemain, untuk bisa tampil bagus tidak bisa datang di lapangan langsung bermain begitu saja, namun perlu olahraga ringan sebagai pemanasan terlebih dahulu. Nah, tujuan pemanasan sesaat sebelum kita olahraga ini yang tak disadari penonton atau banyak orang pada umumnya.

Kalau boleh dibilang, manfaat pemanasan sebelum olahraga itu tak kalah pentingnya dengan tujuan utama dari olahraga itu sendiri. Pemanasan sebelum olahraga adalah kunci suksesnya olahraga utama selanjutnya. Oleh karena itu, bagi yang paham olahraga tak akan menganggap sepele manfaat dari pemanasan ini dan tak akan pernah untuk meninggalkannya.

Tanpa melakukan gerakan pemanasan bisa jadi olahraga utama tak akan memberikan manfaat apapun, bahkan bisa sebaliknya justru akan mencelakakan. Bagi seorang pemain profesional tanpa melakukan pemanasan sebelum bertanding, bisa saja mereka akan berakhir tanpa sukses juara. Sedangkan bagi Anda yang rutin berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh tak jarang malah akan membuat betis kaki Anda kaku atau persendian sulit digerakkan atau akibat negatif lainnya.

Menyadari arti pentingnya pemanasan sebelum melakukan olahraga tersebut, mulai sekarang jangan sampai Anda melupakan untuk melakukannya. Lantas, apa saja tujuan pemanasan sebelum melakukan olahraga itu? Berikut ini setidaknya 5 tujuan pemanasan sesaat sebelum melakukan olahraga yang tak disadari banyak orang. Simak uraiannya!

1. Menghindari terjadinya cedera.

Apa gunanya Anda melakukan olahraga kalau pada akhirnya hanya cedera yang akan didapat. Pastinya tak akan ada satu orangpun yang mau begitu. Oleh karenanya, tak salah jika melakukan pemanasan sebelum olahraga menjadi alasan utama agar terhindar dari cedera.

Dengan melakukan gerakan pemanasan akan membuat otot menjadi lebih rileks, lebih lentur dan halus sehingga ketegangan dan otot yang kaku bisa hilang. Dengan kondisi otot demikian, maka terjadinya cedera pada otot bisa dicegah. Otot yang lentur juga bisa menjamin pasokan sari makanan dan oksigen ke otot itu sendiri, akan berguna untuk mengurangi rasa sakit pada otot setelah berolahraga.

2. Membuat performa olahraga meningkat.

Melakukan pemanasan sesaat sebelum berolahraga bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh otot yang bekerja. Hal ini akan menambah persediaan oksigen dalam tubuh, sehingga energi otot juga akan meningkat, bisa menambah luas refleks dan jangkauan gerakannya.

Melakukan gerakan pemanasan sesaat sebelum mulai olahraga juga akan membuat otot dan persendian bisa bergerak lebih siap dan fleksibel. Dengan kondisi demikian, maka otot akan bergerak secara lebih efisien sehingga bisa membuat performa olahraga menjadi meningkat.

3. Meningkatkan stamina tubuh.

Melakukan pemanasan sebelum olahraga utama bisa meningkatkan stamina tubuh. Secara teori semakin banyak energi yang terbakar saat berolahraga, maka orang akan semakin cepat merasa lelah. Untuk itu, Anda bisa memperlambat munculnya kelelahan otot dengan melakukan pemanasan. Dengan pemanasan maka oksigen akan mengalir secara efisien melalui darah sehingga bisa membuat daya tahan tubuh atau stamina Anda meningkat.

4. Membuat detak jantung stabil.

Pernahkah Anda merasa napas terengah-engah dan detak jantung berdegup kencang saat turun dari rumah langsung melakukan olahraga, misalnya berlari? Hal itu bisa Anda alami jika sebelum melakukan olahraga tanpa didahului dengan gerakan pemanasan terlebih dahulu. Untuk menghilangkan perasaan itu, maka lakukan beberapa gerakan pemanasan agar detak jantung bisa stabil dan Anda bisa melakukan olahraga dengan optimal.

5. Menghilangkan perasaan stress.

Melakukan pemanasan sebelum olahraga bisa membuat aliran darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar sehingga Anda akan mendapat efek relaksasinya. Hal ini akan memberi manfaat, bukan hanya fisik saja tetapi juga untuk kesehatan mental. Oleh karena itu, pemanasan bisa menghilangkan perasaan stres dan depresi sebelum Anda berolahraga.

Itulah beberapa tujuan melakukan pemanasan sebelum berolahraga yang belum disadari banyak orang. Pastikan Anda telah melakukannya untuk tujuan olahraga Anda yang memberi manfaat maksimal dan terhindar dari kecelakaan.

Selamat berolahraga dan salam sehat!
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar