Menjalani Masa Kehamilan yang Sehat Bersama Calon Buah Hati, Kenali Pantangan Ibu Hamil Ini - ahorahollywood

Minggu, 16 Januari 2022

Menjalani Masa Kehamilan yang Sehat Bersama Calon Buah Hati, Kenali Pantangan Ibu Hamil Ini

 

kenali pantangan ibu hamil
Image : istockphoto.com


Bagi wanita pada umumnya yang sudah beberapa waktu lewat membina rumah tangga, maka kehamilan menjadi saat yang ditunggu-tunggu. Alangkah gembiranya jika kehamilan itu bisa datang sesuai saat yang diharapkan. Menjalani masa kehamilan tentu menjadi salah satu momen yang penuh dengan kebahagiaan, namun bisa juga menegangkan khususnya bagi para calon ibu baru. Untuk bisa menjalaninya secara sehat bersama calon buah hati, para wanita wajib kenali pantangan ibu hamil yang bisa dibilang tak sedikit.

Pastinya setiap ibu hamil akan rela melakukan apa saja termasuk diantaranya jika harus disipilin mentaati berbagai pantangan bagi ibu hamil demi menjaga kesehatan bayi yang dikandung. Soal pantangan ini bagi calon ibu baru jangan kaget kalau ternyata tidak sedikit, bisa menyangkut hal makanan dan minuman, kebiasaan atau perilaku.

Sudah seharusnya jika pantangan bagi orang yang hamil tersebut wajib diketahui disamping tentunya juga banyak hal lain yang mesti dilakukan dan dijaga oleh para ibu hamil. Kehamilan menyangkut dua pihak yakni ibu dan calon bayi sehingga wajar jika menjadi suatu kondisi yang harus mendapatkan perhatian serius. Tindakan ini tentu tak berlebihan pasalnya kasus kematian para ibu saat melakukan persalinan masih sering terjadi.

Lantas, pantangan apa saja yang berlaku bagi para ibu yang sedang hamil? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ragam pantangan yang penting para ibu ketahui. Simak uraian selengkapnya!

1. Pantangan makanan.

Pada satu sisi makanan yang bergizi sangat penting dikonsumsi ibu hamil untuk menjaga kesehatannya beserta janin yang dikandung, namun pada sisi lain ada jenis makanan yang perlu dihindari. Beberapa jenis makanan tersebut diantaranya, seperti :

  • Daging, baik dalam bentuk kemasan/olahan, setengah matang atau mentah bisa mengandung bakteri yang kalau dikonsumsi ibu hamil bisa menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, atau infeksi pada bayi dalam kandungan.
  • Telur setengah matang, sama dengan daging juga bisa mengandung bakteri yang bisa berpengaruh buruk pada pencernaan ibu hamil dan kesehatan bayi dalam kandungan.
  • Keju, khusus yang belum dipasteurisasi dapat mengandung bakteri yang juga akan membahayakan bagi ibu hamil dan janinnya.
  • Makanan lainnya, jenis makanan yang rentan tercemar bakteri atau ada kemungkinan terpapar polusi zat yang berbahaya serta makanan cepat saji, rendah nutrisi dan mengandung bahan pengawet.

2. Pantangan buah.

Beberapa jenis buah yang menjadi pantangan ibu hamil diantaranya :

  • Nanas, minimal perlu dihindari saat masa kehamilan 3 bulan pertama. Buah ini mengandung enzim yang dapat melunakkan dinding serviks sehingga bisa menyebabkan kontraksi rahim yang tajam, pendarahan atau lebih parah lagi keguguran.
  • Durian, buah ini perlu dihindari karena mengandung alkohol yang cukup tinggi.
  • Anggur, mempunyai tingkat keasaman yang bisa meningkatkan rasa mual atau diare bagi ibu hamil saat pagi hari.
  • Semangka, dengan berbagai racun yang dikandungnya, buah ini bisa membahayakan janin dalam kandungan.
  • Pepaya, dapat membuat suhu tubuh meningkat sehingga tidak baik dikonsumsi ibu hamil.
  • Kurma, meski kaya vitamin dan nutrisi yang penting namun buah ini bisa menyebabkan suhu tubuh memanas dan menyebabkan kontraksi rahim.
  • Pisang, mengandung kinitase yang dapat meningkatkan panas tubuh, juga mengandung gula yang tinggi.

3. Pantangan minuman.

Beberapa jenis minuman berikut menjadi pantangan bagi ibu hamil, yaitu :

  • Kopi, dengan kandungan kafeinnya minuman ini dilarang dikonsumsi ibu hamil apalagi secara berlebih karena bisa berakibat buruk pada plasenta dengan akibat gangguan pada detak jantung bayi.
  • Alkohol, membuat ibu hamil mempunyai risiko mengalami keguguran dan bayi lahir meninggal lebih tinggi serta berdampak perkembangan otak bayi menjadi terganggu.
  • Susu, yang dimaksud di sini adalah susu yang belum dipasteurisasi karena bisa jadi masih mengandung bakteri yang bisa membahayakan janin.

4. Pantangan melakukan kebiasaan atau perilaku tertentu.

  • Minum obat tanpa resep dokter, sekalipun itu obat biasa yang dijual bebas bisa saja menimbulkan bahaya bagi ibu hamil, khususnya pada trismester pertama usia kehamilan.
  • Merokok, bisa meningkatkan risiko bayi lahir cacat dan kandungan mengalami keguguran.
  • Aktivitas yang cukup berat, termasuk olahraga secara berlebihan karena akan membuat kelelahan yang bisa memicu kontraksi berlebihan pada rahim.
  • Diet ketat, wajib menjadi pantangan karena ibu hamil justru disarankan untuk menambah berat badan dan dalam kondisi hamil kenaikan berat badan adalah hal yang wajar.
  • Stres, bagi siapa saja tentu bisa berbahaya apalagi bagi ibu hamil, stres bisa mempengaruhi kesehatan bahkan nyawa bayi dalam kandungan.

Itulah beragam pantangan bagi para ibu yang sedang menjalani masa kehamilan. Ibu semua tentu sangat menyayangi bayi yang masih dalam kandungan Anda sehingga rela saja untuk menjalaninya. 
 
Demi kesehatan Anda dan buah hati Anda, selalu penuhi makanan dengan kandungan gizi seimbang dan konsumsi Anmum Emesa yang mengandung nutrisi penting seperti, vitamin B6, asam folat, serat pangan, zat besi, vitamin B12 serta sebagai sumber protein dan nutrisi lainnya. Selain itu Anda bisa mengonsumsi Anmum Materna NUELIPID yang mengandung gangliosida & DHA, tinggi asam folat, zat besi, vitamin b6 & vitamin B12 dan serat pangan.

Dengan minum susu Anmum Emesa di awal kehamilan kemudian dilanjutkan dengan Anmum Materna secara rutin, Anda bisa terbebas dari rasa mual dan muntah di saat awal kehamilan. Anda juga bisa terjaga tetap sehat dan bayi Anda bisa tumbuh dengan normal dan maksimal.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar