Bukan Latah, Ini 5 Alasan Logis Mengikuti Tren Pembayaran Non Tunai - ahorahollywood

Sabtu, 05 Februari 2022

Bukan Latah, Ini 5 Alasan Logis Mengikuti Tren Pembayaran Non Tunai

 

Image : istockphoto.com

Seiring pesatnya perkembangan teknologi digital, kini dunia bisnis pun telah mengalami perubahan. Jika sebelumnya orang lebih banyak menggunakan uang sebagai alat untuk pembayaran tunai, agaknya kebiasaan itu sudah mulai ditinggalkan. Sekarang makin banyak orang yang lebih senang menggunakan alat pembayaran non tunai untuk melakukan transaksi.

Tak salah kalau model pembayaran non tunai sekarang ini sedang menjadi tren. Fenomena ini bisa terjadi karena perkembangan teknologi yang kian cepat dan makin canggih. Dampak dari semua itu kini makin banyak ditawarkan berbagai kemudahan bagi orang untuk beraktivitas. Dalam bisnis, ketika melakukan transaksi orang tidak perlu lagi pergi ke bank, cukup menggunakan mobile banking, internet banking atau melalui ATM.

Pada sisi yang lain kondisi saat ini semakin mendukung untuk melakukan pembayaran non tunai karena sekarang makin banyak tersedia alat yang bisa digunakan untuk model transaksi itu. Beberapa contoh alat pembayaran non tunai bisa dipilih, misalnya : Uang elektronik (e-money), Kartu prabayar (prepaid), Kartu ATM/Debit, Kartu kredit, Bilyet Giro, Cek dan masih banyak lagi yang lainnya. Pastinya ini akan semakin memudahkan siapapun pengguna pembayaran non tunai.

Melihat faktanya, transaksi non tunai memang kian hari kian digemari oleh banyak orang. Tentu bukan soal tren atau orang bersikap latah untuk mengikutinya, namun lebih penting dari itu pada kenyataannya transaksi non tunai memiliki banyak manfaat yang bisa dipetik.

Lantas, apa saja alasan pentingnya melakukan pembayaran non tunai? Berikut ini setidaknya 5 hal yang bisa menjadi alasan logis untuk menjadi bahan pertimbangan. Simak uraiannya!

1. Lebih praktis dan efisien.

Anda tentu bisa merasakan betapa repotnya sekarang ini kalau harus melakukan transaksi pembayaran menggunakan uang tunai saat berbelanja, apalagi dalam jumlah nilai yang besar. Selain harus menyiapkan fisik uangnya, pastinya Anda juga akan disibukkan urusan lainnya, seperti harus ke bank untuk mengambil uangnya, ada beban membawanya belum lagi masalah keamanannya.

Oleh karena itu menggunakan alat pembayaran non-tunai baik yang berbasis kartu maupun elektronik bisa jadi solusi yang tepat. Anda tak perlu repot lagi membawa lembaran uang tunai sehingga lebih praktis dan proses transaksi bisa lebih cepat. Pastinya waktu Anda pun bisa dimanfaatkan lebih efisien.

2. Transaksi lebih fleksibel.

Melakukan transaksi pembayaran non tunai bisa lebih fleksibel, Anda bisa melakukan kapan pun dan di mana pun. Untuk keperluan ini Anda bisa menggunakan proses pembayaran digital dimana transaksi pembayaran bisa dilakukan cukup melalui ponsel Anda.

Pastinya banyak keuntungannya, Anda tak perlu lagi ke bank atau ATM untuk melakukan transaksi, tak perlu lagi yang namanya mengantre, bisa melakukan transaksi di tengah kesibukan pekerjaan kantor, sambil santai bersama teman atau saat dalam perjalanan.

3. Menguntungkan usaha.

Bagi Anda yang mempunyai usaha, maka makin banyaknya pengguna transaksi non tunai akan memberikan keuntungan tersendiri bagi usaha Anda. Namun untuk memfasilitasi mereka, usaha Anda perlu dilengkapi dengan mesin EDC yang berfungsi sebagai penerima pembayaran non tunai.

Beberapa keuntungan dengan adanya transaksi pembayaran non tunai diantaranya bisa disebutkan sebagai berikut :

  • Flow operasional usaha Anda bisa lebih cepat sehingga tidak kuwalahan melayani ramainya pengunjung outlet Anda.
  • Bisa menaikkan transaksi pembayaran sehingga ada peluang keuntungan usaha semakin besar.
  • Semakin efisien soal waktu yang akan menguntungkan baik bagi pemilik usaha maupun konsumen.
  • Lebih terjamin keamanannya karena terbatasnya jumlah uang tunai yang ada di kasir. Selain itu juga lebih aman dari kemungkinan tindak penipuan atau perbuatan curang dari karyawan sendiri.

4. Membantu mengatur pengeluaran.

Bagi Anda yang termasuk boros dalam hal pengeluaran maka menggunakan pembayaran non tunai sedikit banyak bisa membantu mengatur pengeluaran Anda menjadi lebih efisien. Misalnya saja jika Anda menggunakan e-money, maka saldo e-money cukup diisi sesuai kebutuhan harian atau untuk selama periode tertentu. Jadi tak perlu mengisinya secara berlebihan sehingga bisa menghindari penyalahgunaan anggaran untuk kebutuhan yang tak penting.

5. Ada kesempatan mendapat promo dan diskon.

Tak jarang jika Anda melakukan transaksi belanja menggunakan alat pembayaran non tunai akan mendapatkan fasilitas harga promo atau diskon. Biasanya produk-produk atau tempat belanja tertentu akan memberikan promo atau diskon tersebut pada momen-momen tertentu, seperti hari besar nasional atau keagamaan, akhir tahun, saat ulang tahun atau hari perayaan lainnya.

Tidak hanya sebatas itu, sering kali diskon-diskon seperti potongan harga hingga cashback juga dapat Anda dapatkan ketika membeli tiket kereta api, pesawat udara, membayar hotel, hingga mengunjungi tempat wisata tertentu.

Itulah beberapa alasan atau manfaat yang akan didapat dengan menggunakan pembayaran non tunai. Ternyata cukup banyak bukan keuntungannya untuk kehidupan sehari-hari Anda bahkan jika Anda sebagai pebisnis bisa membantu usaha makin berkembang. Sudahkah Anda menggunakan? Jika belum, jangan banyak pertimbangan lagi, segera gunakan!
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar